Optimalisasi Gambar dengan SEO, Pentingnya dan Cara Mengoptimalisasi

Dalam dunia website ada istilah yang dinamakan dengan SEO (Search Engine optimization). SEO atau optimasi mesin pencari adalah sebuah teknik yang digunakan untuk membuat laman atau situs website Anda berada di halaman pertama mesin pencarian. Untuk membuat website berada di posisi teratas mesin pencari, tentu diperlukan sebuah proses yang panjang dan rumit yang dinamakan SEO ini. Teknik optimasi website ini biasanya digunakan oleh situs-situs bisnis berbasis online atau e-commerce. Namun, tak menutup kemungkinan juga situs-situs pribadi melakukan teknik optimasi ini. Untuk melakukan proses ini biasanya menggunakan dua cara. Pertama dengan kata kunci yang berkaitan dan kedua dengan menggunakan gambar.

 

Cara Optimalisasi dengan Gambar

Selama ini teknik SEO atau proses optimasi website agar berada di posisi teratas mesin pencarian lebih banyak menggunakan kata kunci sebagai cara utama. Namun ada juga beberapa situs atau jasa SEO yang menggunakan gambar sebagai salah satu cara optimalisasi. Sama seperti cara optimalisasi dengan kata kunci, optimalisasi dengan gambar juga membutuhkan beberapa proses yang harus dilalui seperti yang tergambar di bawah ini.

  1. Temukan gambar yang Sesuai

Di dalam sebuah artikel di website, tentu akan terkandung konten atau isi. Untuk membuat artikel lebih menarik minat untuk membacanya, Anda juga perlu menambahkan gambar di dalamnya. Gambar ini bisa berfungsi sebagai ilustrasi dari konten yang ada di dalam artikel tersebut. Untuk itulah diperlukan gambar yang relevan dengan isi artikel tersebut. Anda bisa membuatnya sendiri atau mendapatkannya di situs-situs penyedia gambar. Gunakan gambar yang sesuai dan bisa menggambarkan konten artikel. Namun, ingat jangan gunakan gambar dari mesin pencari seperti google karena bisa jadi gambar tersebut dilindungi hak cipta.

2. Gunakan Nama yang Sesuai

Selain menggunakan gambar yang sesuai dengan konten, Anda juga harus memastikan nama gambarnya sudah sesuai. Akan lebih baik jika Anda menggunakan deskripsi gambar sebagai nama pada file gambarnya. Akan lebih baik lagi jika nama filenya menggunakan satu kata kunci yang menjadi poin utama pada pembahasan artikel. Memberikan nama yang tepat akan sangat membantu Google saat proses indexing dan memudahkan pengguna saat mencari gambar yang diinginkan.

 

3. Gunakan Gambar Kualitas Terbaik

Poin ini termasuk dalam banyak hal seperti menyesuaikan dimensi gambar. Anda bisa membuatnya dengan kualitas besar maupun kualitas yang rendah, tergantung kebutuhan dan fungsi artikel di dalam website. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan gambar yang responsif. Gambar yang responsif akan membuat website semakin menarik dan mengundang lebih banyak pengunjung untuk mengakses. Dengan begitu, mesin pencari Google juga akan semakin mudah saat melakukan indexing. Jika Anda ingin memberikan gambar dengan kualitas yang baik namun takut membuat loading semakin lama, Anda bisa mengakalinya dengan mengurangi ukuran gambar. Ada banyak tool yang bisa membantu Anda melakukannya. Cara ini bisa membuat ukuran semakin kecil namun tidak mengurangi kualitas gambarnya.

Untuk bisa membuat pengakses internet bisa mengenali website Anda dengan mudah tentu bukanlah hal yang gampang. Ada teknik dengan langkah kerja yang juga tidak mudah untuk melakukannya. SEO sebagai salah satu teknik optimalisasi ini menyediakan banyak pilihan untuk Anda bisa mengoptimalisasi laman Anda.

Beberapa langkah di atas adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan optimalisasi website dengan gambar. Optimalisasi dengan gambar memang belum begitu banyak digunakan seperti optimalisasi keyword. Namun, jangan salah karena optimasi ini juga termasuk sangat efektif untuk meningkatkan traffic pengunjung situs Anda.

 

Untuk rekomendasi webhosting indonesia bisa keĀ https://www.jakartawebhosting.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *