Manfaat Timun Suri

Manfaat Timun Suri

Timun surin mungkin termasuk buah yang cukup jarang kita konsumsi. Buah ini biasa muncul diwaktu-waktu tertentu, seperti saat bulan Ramadhan dimana banyak orang mencari makanan berbuka yang segar. Timun suri memang sering diolah menjadi campuran minuman yang menyegarkan untuk melepas dahaga. Timun suri sendiri adalah buah yang termasuk labu-labuan dan memiliki bentuk seperti semangka atau labu.

Timun suri memiliki kandungan air yang terbilang banyak serta tekstur daging buah yang lembur saat sudah matang membuatnya sangat mudah dimakan. Karena lebih sering ditemui saat bulan puasa, timun suri bisa menjadi makanan yang tepat untuk berbuka sebab kandungan nutrisinya yang dapat membantu mengembalikan nutrisi yang hilang selama berpuasa. Tidak hanya segar karena mengandung banyak air, timun suri juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, berikut penjabarannya.

Manfaat Timun Suri

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Timun suri mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan meningkatkan daya tahannya. Ia memiliki antioksidan berupa vitamin C yang akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Sedangkan senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk menghilangkan radikal bebas sehingga sel tubuh terlindungi dari kerusakan.

2. Menyehatkan mata

Buah ini juga memiliki kandungan vitamin A, yang kita ketahui bersama sangat baik peranannya untuk menunjang kesehatan mata. Jadi salah satu cara memnuhi kebutuhan vitamin A mata bisa dengan mengonsumsi timun suri secara rutin. Sementara itu kandungan asam askorbat di dalamnya juga dapat mengurangi tingkat retensi air, sehingga Anda bisa memanfaatkan timun suri untuk mengatasi mata yang bengkak.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat timun suri yang selanjurnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena kandungan seratnya yang akan membantu mengikat lemak yang menumpuk di dinding usus. Tidak hanya itu, banyaknya kandungan air pada timun suri juga bisa membantu proses pencernaan makanan agar lebih cepat hancur dan nutrisinya bisa langsung diserap oleh tubuh. Karena beberapa hal tersebut, timun suri juga cukup efektif dikonsumsi untuk mengatasi maupun mencegah sembelit.

4. Mencegah penyakit maag

Selain manfaat timun suri untuk kesehatan pencernaan, ia juga dapat digunakan untuk mencegah serangan penyakit maag. Bahkan saat mengalami tukak lambung, timun suri juga bagus dikonsumsi untuk meredakan penyakit tersebut. Antioksidan serta nutrisi yang terkandung pada timun suri sangat baik untuk membantu mengurangi infeksi dan melapisi dinding lambung agar serangan tukak lambung tidak kembali.

5. Sebagai anti kanker

Sama halnya seperti buah lain yang mengandung antioksidan, timun suri juga dapat membantu mencegah munculnya sel kanker di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi timun suri secara teratur dan seimbang, segala jenis senyawa karsinogen dan zat berbahaya yang berpotensi menjadi kanker akan segera dibuang dari dalam tubuh.

6. Meningkatkan daya ingat

Mungkin banyak yang tidak menyangkat buah yang kurang populer di masyarakat ini mampu meningkatkan daya ingat otak, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini karena kandungan nutirsi penting pada timun suri yang mampu membantu meningkatkan fungsi saraf. Selain itu antioksidan yang ada di dalamnya juga dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Mencegah dehidrasi

Manfaat timun suri yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, karena dengan mengonsumsinya kita akan merasakan segarnya air dari dalam timun suri. Kandungan air serta nutrisi pada timun suri dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh. Karenanya mengonsumsi timun suri dapat melepas dahaga sekaligus mencegah dehidrasi.

Nah itulah beberapa manfaat timun suri yang bisa Anda peroleh untuk tubuh Anda. Meski sangat banyak manfaatnya, Anda tetap harus mengonsumsinya dalam jumlah yang wajah serta seimbang dengan makanan lain. Semoga tips kesehatan seputar timun suri kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *