Manfaat Pendidikan Membaca dan Menulis untuk Anak

Membaca dan menulis merupakan pondasi utama yang menjadi dasar bagi setiap individu khusunya bagi anak dalam menempuh usia sekolah. Membaca merupakan proses anak melakukan bahasa ekspresif yang diwujudkan dengan bahasa lisan. Sedangkan menulis adalah proses anak dalam melakukan bahasa ekspresif dalam bahasa tulis atau dengan tulisan. Dengan memiliki kemampuan dalam membaca dan menulis akan memberikan banyak kemudahan bagi setiap individu di masa yang akan datang, terlebih lagi tuntutan dunia yang semakin modern dan bersaing secara global menuntut setiap anak untuk mampu membaca dan menulis di usia dasar. Banyak sekali maanfaat pendidikan membaca dan menulis bagi anak, karena hal ini menjadi cikal bakal para penerus bangsa kedepannyauntuk menjadikan negeri Indonesia lebih maju dalam segala bidang.

Apa Manfaat Pendidikan Membaca?

Manfaat pendidikan membaca dan menulis sangat bervariasi. Salah satunya manfaat pendidikan membaca adalah sebagai berikut:

  • Memperkaya kosakata bagi setiap anak

Membaca merupakan suatu pembiasaan yang didalamnya terdapat berbagai hal baru yang sebelumnya bisa jadi anak belum mengenalnya. Dengan membaca anak akan mengetahui berbagai kata baru yang menambahkan perbendaharaan katanya. Kosakata ini memiliki fungsi sebagai bahasa yang mampu dipakai anak dalam melakukan diskusi ataupun komunikasi, dengan memiliki kosakata yang beragam anak akan terlatih untuk berbicara.

  • Menambah informasi dan ilmu pengetahuan

Buku merupakan jendela kehidupan. Semakin sering anak membaca resensi buku maka akan semakin banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang didapatkannya. Banyak hal yang terjadi di dunia ini tidak diucapkan secara lisan namun dituangkan dalam sebuah buku.

Apa Manfaat Pendidikan Menulis

Setelah mengetahui manfaat pendidikan membaca. Selanjutnya kita akan membahas manfaat pendidikan menulis. Bentuk ekspresif non lisan ini juga memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Menulis dapat memperkaya kosakata

Sama halnya dengan membaca, kegiatan menulis juga mampu memperkaya kosakata yang kita miliki. Menulis jika dijadikan suatu kebiasaan maka akan mengasah secara terus menerus dalam kemampuan berbahasa tulis. Kosakata baru juga bisa dituangkan dalam sebuah tulisan.

  • Kegiatan menulis dapat menjadi kepuasaan batin

Menulis dilakukan sebagai cara seseorang dalam menuangkan ide dan segala kerisauan hatinya dalam sebuah buku. Hal inilah yang menjadikan kegiatan menulis menjadi cara tepat untuk memuaskan batin, karena terkadang beberapa orang lebih baik menulis daripada berbicara jika mendapatkan suatu masalah biasanya dituangkan dalam sebuah buku diary. Tidak jarang anak sd sudah memiliki diary tentang curahan hatinya.

Itulah beberapa manfaat pendidikan membaca dan menulis untuk anak. Dengan adanya pendidikan ini  sejak dini akan membantu proses perkembangan anak dan pola pikirnya lebih meningkat. Selain itu proses ini juga dapat meningkatkan aktualisasi diri. Membaca dan menulis merupakan suatu pembiasaan yang mampu mengembangkan kemampuan diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *