KURMA BISA TUMBUH PADA IKLIM HUTAN TROPIS

KURMA BISA TUMBUH PADA IKLIM HUTAN TROPIS

Phon kurma petama kali ditemukan di benua Afrika, seperti di Afrika Timur, tengah dan beberapa Negara Afrika lain nya. Pohon kurma bisa tumbuh sampai 75 kaki/23 meter, akarnya yang kokoh dan dapat menyerap banyak air menjadikan nya bisa hidup diberbagai iklim di seluruh dunia. Pohon kurma juga termasuk pohon yang unik, karena pohon ini memiliki dua jenis kelamin yaitu betian dan jantan, dan keduanya saling membutuhkan karena pohon betina tidak akan bisa berbuah tanpa di buahi oleh srbuk sari yang ada pada pohon jantan, jadi phon kurma juga sama seperti manusia yang tidak akan bisa hidup bahagia tanpa ada pasangan nya.pohon kurma sangat banyak sekali manfaatnya, karena dari semua bagian pohon kurma bisa dimanfaatkan, pohonnya sendiri bisa dijadikan kayu atau balok, pelepahnya bisa dijadika baha untuk furniture, daun nya bisa digunakan untuk membuat keranjang, dan serat nya juga bisa dijadikan bahan untuk membuat tali.

Selain dari biji, ternyata pembibitan pohon kurma juga bisa dilakukan dengan cara kuljar/ kultur jaringan, pembibitan dengan cara ini lebih aman dan lebih pasti, karena kalau dengan metode ini pohon kurma jenis kelamin dari pohonnya sudah bisa di pastikan, jadi sangat minim untuk terjadi kesalahan pada penanaman pohon nya, karena para petani kurma biasanya mengingin kan banyak pohon kurma yang berjenis kelamin betina disbanding yang jantannya, perlu di ketahui juga ternyata  satu pohon kurma jantan bisa membuahi 20-40 pohon kurma betina, sehingga kita tidak perlu memiliki terlalu banyak pohon yang jantan.

Beberapa tahun kebelakang, para ahli pertanian telah meneliti pohon kurma ini agar bisa tumbuh tidak hanya di Negara yang beriklim gurun tropis saja, tetapi agar bisa juga ditanam di Negara Negara yang memiliki iklim hutan tropis juga, dan Alhamdulillah sekarang sudah terbukti  bahwa kurma juga bisa tumbuh dan berbuah dalam iklim hutan tropis dengan berhasilnya perkebunan kurma yang ada di thailand, bahkan ternyata pohon kurma yang tumbuh pada iklim hutan tropis bisa jauh lebih bagus dan lebih banyak hasilnya dari pohon kurma yang ada di Negara yang beriklim gurun tropis, karena ternyata selain membutuhkan panas yang cukup, pohon kurma juga membutuh kan banyak asupan air pada bagian akarnya. Jadi pohon ini sangat cocok sekali dengan iklim yang ada di asia terutama di Indonesia.

Jadi sekarang kita juga bisa mencoba menanam pohon kurma di pekarangan rumah kita agar kita bisa merasakan nikmatnya buah kurma hasil dari pohon yang kita tanam sendiri. Selamat mencoba, wabillahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum WR WB..

Baca: lokasi kebun kurma di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *