Angkak untuk obat Demam Berdarah Alami

angkak

Dalam proses fermentasi beras putih menjadi beras merah angkak menggunakan jenis ragi yang biasa disebut kapang. Biasanya proses fermentasi terebut memakan waktu berhari-hari agar beras putih menjadi angkak yang sempurna. Angkak yang sempurna ditandai dengan warnanya yaitu merah keungu-unguan.

Angkak kali pertama dibuat di negeri China, namun kini banyak negara-negara di dunia yang menggunakannya. Untuk membuktikan kegunaan beras merah angkak ini, sudah pernah dilakukan beberapa penelitian ilmiah oleh institut yang berkompeten. Angkak mengandung beberapa kandungan senyawa aktif seperti lovastatin, monakolin I-IV, dan dihiromonakolin. Kandungan-kandungan ini sangat berguna dalam bidang kesehatan.

Khasiat Angkak untuk obat DBD

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, bisa disimpulkan bahwa angkak mempunyai beberapa kegunaan seperti baik untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, dan juga sangat baik untuk meningkatkan trombosit. Makanya angkak sering digunakan dalam pengobatan penyakit demam berdarah.

Angkak Untuk Obat-Obatan
Ternyata angkak biasa digunakan oleh orang Cina sebagai obat tradisional, campuran bumbu masakan dan juga biasa digunakan sebagai bahan pengawet dan pewarna alami. Sedikit berbeda dengan masyarakat Taiwan yang mana biasa mengkonsumsi angkak dengan cara meminumnya yang sudah berbentuk menjadi seperti anggur beras.

Untuk mengobati penyakit, angkak bisa diseduh atau direbus dengan air secukupnya. Rebus sampai warna airnya berubah menjadi merah keungu-unguan. saring dan jangan langsung diminum, tapi diamkan air rebusan tersebut sampai hangat atau dingin terlebih dulu. Untuk menambah cita rasa, tambahkan madu secukupnya.

Demikian sedikit informasi perihal angkak berikut dengan khasiat dan cara minumnya, semoga bermanfaat untuk anda yang menderita penyakit demam berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *